RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester :
Kelas 7
Materi
Pokok : Solat Jum’at
Alokasi
Waktu : 3 X 40
Menit 1 X Pertemuan
A. Kompetensi Inti
KI-1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2 Menghargai,
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli(toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI-3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan,teknologi, seni budaya terkait
penomena dan kejadian yang tampak mata)
KI-4 Mencoba,mengolah, dan menyaji, dalam ranah konkret(
menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori).
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
1.6 Menunaikan
shalat Jumat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Jumu‘ah (62): 9
|
1.6.1.
memahami cara melaksanakan solat Jum’at
1.6.2.
menanamkan keyakinan pentingnya solat Jum’at
|
2.
|
4.2. Menghargai
perilaku ikhlas, sabar, dan pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
An-Nisa
(4):146, Q.S. Al
Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadis terkait
|
4.2.1. menumbuhkan rasa tanggung jawab
terhadap pelaksanaan solat Jum’at
|
3.
|
3.10 Memahami
ketentuan shalat Jumat
|
3.10.1 menjelaskan
pengertian Solat Jum’at
3.10.2 menyebutkan
tatacara solat Jum’at
3.10.3 menjelaskan
Solat Jum’at sebagai implementasi dari pemahaman surat Al Jumuah 62;9
|
4.
|
4.9
Mempraktikkan shalat Jumat
|
4.9.1 pratek pelaksanaan solat Jum’at
|
C.
Materi Pembelajaran
.1. Pengertian Solat Jum;at dan Hukumnya
2. Dalil Naqli mengenai Solat Jum’at QS Al
Jumuah 62 ; 9.
3. Ketentuan –ketentuan solat Jumat
4. Tata cara
pelaksanaan solat Jumat
( SESUAIKAN MATERI INI DENGAN INDIKATOR ) UNTUK PERTEMUAN BERAPA SAJA
MATERI INI. KAPLINGLAH MANA PERTEMUAN 1, 2 DST
D.
Kegiatan Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
a.
|
10
menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Mengamati
Mengamati
dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan shalat Jumat. GAMBAR APA DAN DIMANA ADA, APA DI BUKU, KALO
DIBUKU HALAMAN BERAPA
Menyimak dan
membaca penjelasan mengenai tata cara shalat Jumat. DARI MANA DIBACA, BUKU
APA HALAMAN BERAPA
Membaca dalil naqli mengenai
shalat Jumat. (BELUM IKUT
PADA PERTEMUAN 1, HAPUS SAJA)
b. Menanya
Mengajukan
pertanyaan tentang ketentuan shalat Jumat.
Mengajukan
pertanyaan terkait dengan tata cara pelaksanaan shalat Jumat
.
c.
Mengumpulkan Informasi
Secara
berkelompok mencari data dari berita atau informasi tentang ketentuan shalat
Jumat. (BERAPA KELOMPOK, BERAPA ANGGGOTA KELOMOK, APA SAJA TUGASNYA
Mendiskusikan
tata cara shalat Jumat.
Mendiskusikan
manfaat shalat Jumat.
d. Menalar/Mengasosiasi
Membuat analisis
tata cara shalat Jumat.
Membuat analisis
tentang halangan shalat Jumat.
Merumuskan
manfaat shalat Jumat.
e. Mengomunikasikan
Mendemonstrasikan
praktik shalat Jumat.
Menyajikan
paparan bagan tentang ketentuan shalat Jumat.
Memaparkan rumusan hikmah dan
manfaat shalat Jumat. INI
PADA PERTEMUAN BERIKUTNYA
Menanggapi
pertanyaan dalam diskusi.
Merumuskan
kesimpulan.
|
100
menit
|
3.
|
Penutup
1.
Dibawah bimbingan guru
peserta didik menyimpulkan materi
pelajaran secara demokratis.
2.
Bersama-sama melakukan
refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
3.
Guru memberikan reward kepada
kelompok terbaik dalam mendemontrasikan
tata cara solat jumat
4.
Guru menjelaskan materi yang
akan dipelajari pada peremuan berikutnya
5.
Bersama-sama menutup
pelajaran dengan doa
|
10
menit
|
E.
Penilaian, Pembelajaran
Teknik dan Instrumen Penilaian
1. Sikap spiritual
a. Observasi
No.
|
Nama
|
Sikap yang diamati
|
|||||||||||||||
Membaca basmalah sebelum beraktivitas
|
Berdoa sebelum belajar
|
Berdoa sesudah belajar
|
Mengu capkan salam
|
||||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Rafi Ahmad
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Syafri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Syahrial
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Zainal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
(dilakukan per minggu/pertemuan)
4 = selalu
3 = sering
2 =
kadang-kadang
1 = tidak pernah
b. Penilaian Jurnal
No.
|
Hari/Tgl
|
Nama
|
Catatan guru tentang
|
Tindak Lanjut
|
|
Kekuatan peserta didik
|
Kelemahan peserta didik
|
||||
1.
2.
3.
4.
|
31.8.2015
|
Rafi Ahmad
Syafri
Syahrial
Zainal
|
Rajin solat
Rajin solat
Pandai Imam
Bacaan Fasih
|
Suka ribut
Pendiam
Ribut
Sering Absen
|
Diberi motivasi
|
dst
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan
a.
Tulis
Soal
1.
Jelaskan pengertian solat
Jum’at ....
2.
sebutkan tiga diantara sepuluh
dari sunat-sunat Jum’at .....
3.
sebutkan tiga Rukun Kutbah
.....
4.
Bedakanlah antara solat Jum’at
dengan solat Zuhur.....
5.
Jelaskan hikmah solat Jumat
Kunci jawaban:
1.
solat Jum’at adalah solat yang
dikerjakan dua rakaat diwaktu zuhur pada hari jum’at den sebelumnya
dilaksanakan dua khutbah
2.
Mandi sunat Jum’at
memakai baju
putih
memakai wewangian
3.
membaca dua kalimat sahadat
membaca salawat
membaca salah
satu ayat al Qur’an.
4.
melaksanakan solat jum’at
diawali dengan dua khutbah, sementara solat zuhur tidak ada khutbah.
5.
Untuk mendekatkan diri kepada
Allah
Untuk membina persaudaraan,.
Penskoran
Nilai tiap butir
= 20
Nilai akhir = skor
yang diperoleh x 100
Skor maksimal
3. Keterampilan
a.
Praktik
No
|
Nama Peserta Didik
|
Bacaan
|
Hafalan
|
||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Rafi Ahmad
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Syafri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Syahrial
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Zainal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket.
4 = Sangat baik,
3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang
Bacaan:
Sangat Baik = panjang dan
pendek bacaannya benar dan sangat sesuai dengan makharijul huruf
Baik = panjang
dan pendek bacaannya benar dan sesuai dengan makharijul huruf
cukup = panjang dan
pendek bacaannya kurang benar dan kurang sesuai dengan makharijul huruf
Kurang =
panjang dan pendek bacaannya kurang benar dan tidak sesuai dengan makharijul
huruf
Hafalan:
Sangat Baik = benar, fasih dan
lancar dalam pelafalannya
Baik = benar, dan
lancar dalam pelafalannya
cukup = benar, kurang
fasih dan lancar dalam pelafalannya
Kurang =
benar, kurang fasih dan kurang lancar dalam pelafalannya
Penskorannya:
Nilai akhir = Perolehan skor x 4
Skor Maksimal
F.
Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Media/alat, bahan, sumber belajar
Video, Gambar
–gambar yang berkaitan dengan solat Jumat,
Mengetahui,
Kepala SMP.....
...............................................
NIP. ......................................
|
Berastagi,
31 .Agustus 2015
Guru
Mata Pelajaran PAI
.................................................
NIP.
........................................
|
0 komentar:
Posting Komentar