Selasa, 25 Oktober 2016

RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                     :    SMP
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                   :    Kelas 7
Materi Pokok                       :    Solat Jum’at
Alokasi Waktu                    :   3 X 40 Menit 1 X Pertemuan  
                                                 

A.       Kompetensi Inti

KI-1   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2   Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli(toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
 rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni budaya terkait
 penomena dan kejadian yang tampak mata)
KI-4    Mencoba,mengolah, dan menyaji, dalam ranah konkret( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)  dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori).

B.        Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.6 Menunaikan shalat Jumat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Jumu‘ah (62): 9

1.6.1. memahami cara melaksanakan solat Jum’at
1.6.2. menanamkan keyakinan pentingnya solat Jum’at
2.
4.2. Menghargai perilaku ikhlas, sabar, dan pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa
(4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadis terkait
4.2.1. menumbuhkan rasa tanggung jawab  
          terhadap  pelaksanaan solat Jum’at
3.
3.10 Memahami ketentuan shalat Jumat





3.10.1 menjelaskan pengertian Solat Jum’at
3.10.2 menyebutkan tatacara solat Jum’at
3.10.3 menjelaskan Solat Jum’at sebagai implementasi dari pemahaman surat Al Jumuah 62;9
4.
4.9 Mempraktikkan shalat Jumat


 4.9.1  pratek pelaksanaan solat Jum’at


C.        Materi Pembelajaran
.1.  Pengertian Solat Jum;at dan Hukumnya
2.  Dalil Naqli mengenai Solat Jum’at QS Al  Jumuah 62 ; 9.
3.  Ketentuan –ketentuan  solat Jumat
4.  Tata cara  pelaksanaan solat Jumat 
( SESUAIKAN MATERI INI DENGAN INDIKATOR ) UNTUK PERTEMUAN BERAPA SAJA MATERI INI. KAPLINGLAH MANA PERTEMUAN 1, 2 DST


D.       Kegiatan Pembelajaran

No.
Kegiatan
Waktu
1.
a.       

10
menit
2.
Kegiatan Inti
a.    Mengamati
Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan shalat Jumat.  GAMBAR APA DAN DIMANA ADA, APA DI BUKU, KALO DIBUKU HALAMAN BERAPA
 Menyimak dan membaca penjelasan mengenai tata cara shalat Jumat. DARI MANA DIBACA, BUKU APA HALAMAN BERAPA
Membaca dalil naqli mengenai shalat Jumat. (BELUM IKUT PADA PERTEMUAN 1, HAPUS SAJA)

b.    Menanya
Mengajukan pertanyaan tentang ketentuan shalat Jumat.
 Mengajukan pertanyaan terkait dengan tata cara pelaksanaan shalat Jumat
.
c.     Mengumpulkan Informasi
Secara berkelompok mencari data dari berita atau informasi tentang ketentuan shalat Jumat. (BERAPA KELOMPOK, BERAPA ANGGGOTA KELOMOK, APA SAJA TUGASNYA
 Mendiskusikan tata cara shalat Jumat.
 Mendiskusikan manfaat shalat Jumat.

d.    Menalar/Mengasosiasi
Membuat analisis tata cara shalat Jumat.
 Membuat analisis tentang halangan shalat Jumat.
 Merumuskan manfaat shalat Jumat.

e.    Mengomunikasikan
Mendemonstrasikan praktik shalat Jumat.
 Menyajikan paparan bagan tentang ketentuan shalat Jumat.
Memaparkan rumusan hikmah dan manfaat shalat Jumat. INI PADA PERTEMUAN BERIKUTNYA
 Menanggapi pertanyaan dalam diskusi.
 Merumuskan kesimpulan.  


100
menit
3.
Penutup
1.      Dibawah bimbingan guru peserta didik  menyimpulkan materi pelajaran secara demokratis.
2.      Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
3.      Guru memberikan reward kepada kelompok terbaik dalam mendemontrasikan  tata cara solat jumat
4.      Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada peremuan berikutnya
5.      Bersama-sama menutup pelajaran dengan doa


10
 menit



E.        Penilaian, Pembelajaran
Teknik dan Instrumen Penilaian

1.    Sikap spiritual
a.    Observasi
No.
Nama
Sikap yang diamati
Membaca basmalah sebelum beraktivitas
Berdoa sebelum belajar
Berdoa sesudah belajar
Mengu capkan salam
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1
Rafi Ahmad
















2
Syafri
















3
Syahrial
















4
Zainal

















Keterangan: (dilakukan per minggu/pertemuan)
4 = selalu
3 = sering
2 = kadang-kadang
1 = tidak pernah




b.   Penilaian Jurnal

No.
Hari/Tgl
Nama
Catatan guru tentang
Tindak Lanjut
Kekuatan peserta didik
Kelemahan peserta didik
1.
2.
3.
4.
31.8.2015
Rafi Ahmad
Syafri
Syahrial
Zainal
Rajin solat
Rajin solat
Pandai Imam
Bacaan Fasih
Suka ribut
Pendiam
Ribut
Sering Absen
Diberi motivasi
dst









2.    Pengetahuan
a.      Tulis
Soal
1.      Jelaskan pengertian solat Jum’at ....
2.      sebutkan tiga diantara sepuluh dari sunat-sunat  Jum’at .....
3.      sebutkan tiga Rukun Kutbah .....
4.      Bedakanlah antara solat Jum’at dengan solat Zuhur.....
5.       Jelaskan hikmah solat Jumat



Kunci jawaban:
1.      solat Jum’at adalah solat yang dikerjakan dua rakaat diwaktu zuhur pada hari jum’at den sebelumnya dilaksanakan dua khutbah
2.      Mandi sunat Jum’at
 memakai baju putih
 memakai wewangian
3.      membaca dua kalimat sahadat
 membaca salawat
 membaca salah satu ayat al Qur’an.
4.      melaksanakan solat jum’at diawali dengan dua khutbah, sementara solat zuhur tidak ada khutbah.
5.      Untuk mendekatkan diri kepada Allah
 Untuk membina persaudaraan,.


Penskoran
Nilai tiap butir = 20
Nilai akhir = skor yang diperoleh x 100
                       Skor maksimal




3.    Keterampilan
a.    Praktik

No
Nama Peserta Didik
Bacaan
Hafalan
4
3
2
1
4
3
2
1
1.
Rafi Ahmad








2.
Syafri








3.
Syahrial








4.
Zainal








Ket.
4 = Sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang         

Kriteria
Bacaan:
Sangat Baik     = panjang dan pendek bacaannya benar dan sangat sesuai dengan makharijul huruf
Baik                  = panjang dan pendek bacaannya benar dan sesuai dengan makharijul huruf
cukup              = panjang dan pendek bacaannya kurang benar dan kurang sesuai dengan makharijul huruf
Kurang             = panjang dan pendek bacaannya kurang benar dan tidak sesuai dengan makharijul huruf

Hafalan:
Sangat Baik     = benar, fasih dan lancar dalam pelafalannya 
Baik                  = benar, dan lancar dalam pelafalannya
cukup              = benar, kurang fasih dan lancar dalam pelafalannya
Kurang             = benar, kurang fasih dan kurang lancar dalam pelafalannya

Penskorannya:
Nilai akhir = Perolehan skor x 4
                      Skor Maksimal


F.         Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.      Media/alat, bahan, sumber belajar
Video, Gambar –gambar yang berkaitan dengan solat Jumat,



Mengetahui,
Kepala SMP.....





...............................................
NIP. ......................................
Berastagi,  31 .Agustus 2015 

Guru Mata Pelajaran PAI





.................................................
NIP. ........................................

0 komentar:

Posting Komentar